Home » Produk Inovasi » Simpel Teach

Simpel Teach

Simpel Teach adalah sebuah program aplikasi untuk membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan analisis. Dimulai Analisis Standar Isi terutama yang berkaitan dengan pembelajaran, analisis SKL, analisis pekan efektif dst. Download Trialnya

Proses pembuatan perencanaan pembelajaran, administrasi pembelajaran dan penilaian hasil belajar dapat dengan mudah dilakukan karena dibantu oleh simpel Teach. Banyaknya tuntutan administrasi pembelajaran, analisis konteks, tuntutan profesional dapat dilbantu dengan cepat dan lengkap dengan menggunakan  simpel Teach.

A.      Bagan Proses 

B.      Aktivasi Program

Program Aplikasi Simpel TEACH merupakan produk inovasi dari emka productions “inovation and creativity for educations”. Selain Simpel Teach ada juga Simpel Card untuk memperoduksi kartu, daftar hadir, ID card, Piagam, Sertifikat, dll. Simpel PAS untuk menganalisis soal dan instrumen penilaian. Simpel LHB untuk mengelola penilaian, pembuatan leger, pembuatan buku induk dan pencetakan raport (LHB) elektronik. Download Trialnya

Program Simpel TEACH akan berfungsi dan berjalan dengan benar jika diaktivasi oleh emka productions. Penggunaan secara ilegal akan menyebabkan proses perhitungan menjadi keliru dan program menjadi non aktif atau kalaupun akan aktif kan prematur dalam melakukan proses.

Untuk mengaktivasi program bisa langsung menghubungi emka production melalui email kami: simpellhb@gmail.com atau kunjungi web kami: http://simpelpas.wordpress.comuntuk form pemesanan program, isi kemudian kirim ke email kami.

Emka production memberlakukan beberapa jenis aktivasi, diantaranya:

  1. Aktivasi Lembaga                  Program hanya dapat digunakan oleh semua stakeholder di lembaga tersebut.
  2. Aktivasi Personal                   Program hanya dapat digunakan oleh pengguna yang teraktivasi dan tidak bisa digantikan kepada orang lain.
  3. Aktivasi khusus                      Diberikan kepada beberapa lembaga dan organisasi yang berhubungan dan diberikan kewenangan oleh emka productions.

Aktivasi dapat dilakukan dengan dua cara yaitu: Program dikirim oleh emka productions dengan status sudah aktif atau emka production akan memberikan nomor aktivasi dan dimasukan ke dalam program. Untuk menjaga keberkahan dan kehalalan rizki akibat dari penggunaan program ini sebaiknya semua pengguna mengaktivasi program ini.

C.      Persiapan Penggunaan Program (Pengaturan)

Ada empat hal yang dilakukan dalam mempersiapkan program agar semua fungsi dan fasilitas yang dimiliki Simpel Teach dapat dimanfaatkan dalam membantu proses pembelajaran.

1.        Melengkapi data sekolah dan data pengguna.

Klik button aktivasi pada menu utama Simpel TEACH, setelah itu akan terbuka menu aktivasi seperti di bawah. Ada tiga bagian, (1) aktivasi program (2) data sekolah (3) data pengguna. Lengkapi data sekolah dengan mengisi semua kolom  pada menu data sekolah dengan benar. Nama sekolah tidak bisa diganti kecuali aktivasi yang anda miliki aktivasi personal. Aktivasi personal dapat mengubah nama sekolah atau lembaga dan diperbolehkan. Lengkapi data pengguna serta 3 mata pelajaran yang akan diaktifkan khusus untuk aktivasi personal.

2.      Tetapkan Peserta Didik

Langkah kedua adalah memasukan data peserta didik: nomor induk siswa, nama dan kelas parallel. Penamaaan kelas parallel harus menggunakan jumlah karakter yang sama. Misalnya: X-1, X-2 dan X-3                 atau X IPA -1, X IPS-2

3.      Pengaturan Mata Pelajaran

Pengaturan mata pelajaran digunakan untuk mengaktifkan mata pelajaran, kelas dan program (khusus SMA), menentukan jumlah jam tatap muka per minggu, menentukan ketuntasan klasikal atau keberhasilan kelas, menentukan aspek penilaian (khusus SMA), menentukan profil pengetahuan (khusus SMA) dan menentukan tahun pelajaran.

Penentuan mata pelajaran sangat menentukan kelanjutan penggunaan program, Karena aktivasi ini berpengaruh secara menyeluruh terhadap Simpel TEACH.

C.       Persiapan Data

Langkah selanjutnya adalah langkah persiapan pembelajaran yang menggunakan fasilitasi Simpel Teach. Ada tujuh langkah dalam melakukan persiapan data pembelaran, yaitu:

 1.     Tampilkan Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

Setelah mata pelajaran dia atur maka kita dapat menampilkan Standar Isi yang terdiri dari Tujun mata pelajaran,ruang lingkup dan data standar kompetensi dan kompetensi dasar. Untuk menampilkan data SI lengkap :

  • Klik Filter Tujuan kemudian klik centang isi lalu OK
  • Klik Filter Ruang Lingkup kemudian klik centang isi lalu OK
  • Klik Filter SKKD kemudian klik centang isi lalu OK

2.     Kalender Pendidikan

Fasilitas kalender pendidikan akan secara otomatis terbentuk berdasarkan tahun pelajaran yang berlangsung. Pengguna tinggal menentukan hari-hari penting, hari-hari lfbur pada data kalender. Untuk mengatur data kalender, klik saja button Data Kalender pada menu kalender, kemudian masukan tanggal awal dan akhir masing-masing agenda kegiatan setiap bulannya.

3.     Analisis Tujuan dan Ruang Lingkup Mata Pelajaran

Setelah mengaktivasi Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Kalender Pendidikan. Langkah selanjutnya adalah melakukan analisis terhadap Standar Isi, yaitu analisis tujuan, analisis runag lingkup dimulai dengan melakukan analisis tujuan mata pelajaran.

Klik Button Analisis Tujuan maka akan tampil menu analisis tujuan dan ruang lingkup mata pelajaran. Baca dengan seksama petunjuk dank omen yang diberikan untuk menuntun anda melakukan analisis tujuan.

Ada tiga kegiatan yang harus dilakukan dalam melakukan analisis tujuan, yaitu:

  1. Menentukan ranah kompetensi masing-masing tujuan mata pelajaran dalam rnh kognitif, psikomotor dan/atau afektif.
  2. Menentukan Substansi Materi yang terkandung dalam setiap tujuan.
  3. Menentukan implementasi tujuan pada kompetensi dasar, misalnya tujuan pertama ada pada KD 1.1   KD 1.2 dan KD 3.1

Analisis Ruang Lingkup Mata Pelajaran

Hanya ada satu kegiatan yang harus dilakukan dalam analisis ruang lingkup mata pelajaran, yaitu menentukan implementasi ruang lingkup pada kompetensi dasar pada tiap-tiap semester.

Misal:  Ruang Lingkup  1 terdapat dalam KD 1.4   KD 1.5 pada semester 1  dst

4.        Analisis SK dan KD

  1. 1.        Analisis SK dan KD

Analisis SK dan KD adalah analisis pemetaan SK dan KD dalam indicator, materi, kegiatan pembelajaran,  penilaian dan alokasi waktu. Hasil dri analisis SK dan KD merupakan bahan lengkap untuk pengembangan silabus.

Bagian ini merupakan bagian tersulit buat pengguna dalam melaksanakan pekerjaannya dengan Simpel Teach. Analisis SKKD adalah analisis ketiga dari analisis standar isi, setelah analisis tujuan dan analisis ruang lingkup materi.

Berikut adalah langkah yang harus dilakukan oleh pengguna dalam menganalisis SKKD bersama Simpel Teach, yaitu:

  • Klik Filter SKKD centang cek isi lalu klik OK

Langkah ini dilakukan guna membuka SK dan membuka KD dengan baris kosong diantara KD untuk menginput indikator pencapaian kompetensi.

  • Tentukan tahapan berfikir SK pada kolom THP SK

Kolom pertama yang diisi adalh kolom ketiga pada tabel analisis SKKD, yaitu menentukan tahapan berfikir dari SK berdasarkan Tksonomi Bloom. Yaitu C1: pengetahuan (hapalan) C2: Pemahaman C3: penerapan C4: Analisis C5: Sintesisi dan C6: evaluasi.

  • Tentukan tahapan berfikir KD pada kolom THP KD

Menentukan tahapan berfikir dari KD berdasarkan Tksonomi Bloom. Yaitu C1: pengetahuan (hapalan) C2: Pemahaman C3: penerapan C4: Analisis C5: Sintesisi dan C6: evaluasi.

  • Masukan materi dan kompleksitasnya dari masing-masing KD

Rincian materi dan tingkat kompleksitas mulai dari sederhana sampai kepada yang rumit.

  • Masukan indikator pencapaian kompetensi (IPK) masing-masing KD

Perhatikan tahapan berfikir KD, jika tahapan berfikir KD C3, maka sebaiknya kita membuat indikator pencapaian kompetensi dimulai dari  C1, terus C2 sampai C3. Jika pesert didiknya mempunyai intake yang tinggi, daya dukung sekolah bagus misalnya RSBI boleh lebih dari C3.

  • Tentukan tahapan berfikir indikator pada kolom THP Indikator Pencapian Kompetensi. Sama dengn langkah sebelumnya.
  • Tentukan kegiatan pembelajaran (TM,PT dn KMTT) masing-masing indikator.

Langkah ini merupakan langkah tersulit, yaitu menentukan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan untuk menyelesaikan indikator pencapaian kompetensi yang dibuat. Kegiatan pembelajara yang dibuat meliputi Kegiatan Tatap Muka ™, kegiatan Penugasan Terstruktur (PT) dan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT).

No

Kegiatan

Strategi

Metode

Keterangan

1

Tatap Muka variasi strategi ekspositori maupun diskoveri inkuiri ceramah interaktif, presentasi, diskusi kelas, diskusi kelompok, pembelajaran kolaboratif dan kooperatif, demonstrasi, eksperimen, observasi, ekplorasi, kajian pustaka, tanya jawab, dan simulasi. Terjadwal

2

Penugasan terstruktur diskoveri inkuiri penugasan, observasi lingkungan, atau proyek Tidak terjadwal namun dirancang ke dalam silabus dan RPP

3

Kegiatan mandiri tidak terstruktur diskoveri inkuiri penugasan, observasi lingkungan, atau proyek Tidak terjadwal
  • Tentukan jenis dan bentuk penilaian masing-masing indikator

Jenis Penilaian antara lain: Tes dan Non Tes. Tes: bisa pilihan ganda atau uraian. Non Tes: Penugasan dll. Dilakukan untuk setiap indikator pencapain kompetensi (IPK) yang dibuat.

  • Tentukan alokasi waktu masing-masing indikator dalam satuan menit.

5.     Analisis SKL

Analisis SKL adalah penganalisaan SKL terhadap ranah berfikir, keterkaitnnya dengan Standar Isi terutama SK, KD, materi-materi pendukung serta kemaampuan yang diuji.

Langkah yang harus dilakukan adalah:

  1. Klik Filter SK dan centang pada posisi isi
  2. Tentukan ranah berpikir dari SKL
  3. Masukan nomor dan rumusan SK yang mendukung tercapainya SKL
  4. Masukan nomor dan rumusan KD yang masuk SK yang bersesuaian
  5. Tentukan materi-materi yang mendukung tercapainya KD dan tentukan juga kelas
  6. Tentukan kemampuan yang diuji untuk menguji KD yang mendukung SKL”

6.        Analisis Pekan Efektif

Analisis pekan efektif adalah analisis terhadap kalender pendidikan, terutama mengenai alokasi waktu yang tersedia untuk proses pembelajaran.  Program sudah melakukan pekerjaan sampai perhitungan jumlah pekan, jumlah hari dan jumlah hari minggu secara otomatis.

Pengguna hanya tinggal melengkapi hari atau pekan tidak efektif di semester ganjil dan di semester genap. Kalender pendidikan yang dirancang terdahulu tidak memiliki hubungan dengan analisia pekan efektif secara langsung.

7.      Perhitungan KKM

Fasilitas perhitungan KKM pada simpel teach dpat langsung dilakukan, karena indikator pencapaian kompetensi sudah dibuat pada saat menganalisis SKKD. Untuk membuka menu perhitungan nilai KKM klik pada menu utama simpel teach Button kkm  sehingga tampil menu penghitungan KKM.

Langkah yang harus dilakukan dalam perhitungan KKM bersama Simpel Teach, adalah:

  • Klik Filter Isi dan centang Isi kemudian klik OK
  • Klik Filter KD dan centang Select All kemudian klik OK
  • Masukan nilai KKM (rentang 0 – 100) pada kolom kompleksitas, Sarana Pendukung  dan Instake Siswa Pada masing-masing indikator dari setiap KD yang ada
  • Secara otomatis simpel teach akan menghitung nilai KKM KD dari rata-rata KKM Indiktor. Kemudian menghitung KKM SK dari rata-rata KKM KD pada SK tersebut
  • Selanjutnya pada tahap akhir menghitung rata-rata KKM SK sehingga menjadi KKM mata pelajaran.

8.        Jadwal Kegiatan Guru

Fasilitas ini memungkinkan guru membuat jadwal mandiri di dalam komputer mengenai kegiatannya.  Ada dua langkah yang harus dilakukan setelah menu jadwal terbuka, yaitu: menuliskan mata pelajaran yng menjdi kewajibannya atau fiket serta kelas yang menjadi  sasaran.

Kemudian untuk memberikan tanda pada jadwal harian, ketikan nomor aktivitas yang dibuat disebelah pada jadwal. Maka secara otomatis program akan memberikan raster warna yang sesuai dengan nomor pada keterangan.

E.      Program Pembelajaran

Fasilitas program terdiri dari empat bagian, yaitu program 1 tahun, program 1 semester, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran:

1.     Program 1 Tahun

Program satu tahun merupakan rencana pelaksanaan penuntasan SK dn KD selama dua semester.  Program satu ini akan dengan sendirinya terbentuk jika analisis SKKD sudah di lakukan dengan benar.

Buka menu program 1 tahun dengan mengklik Button pt, setelah terbuka kemudian klik filter baris, centang cek isi kemudian klik OK maka akan tampil semua SK, KD dan materi serta alokasi waktu masing-masing KD.

2.     Program 1 Semester

Program satu semester berisi timeschedule pelaksanaan pembelajaran untuk KD dalam minggu berlangsung. Klik button ps pada menu utama maka terbuka menu program semester.

Tampilkan SK dan KD dengan mengklik Filter KD dan mencentang cek isi lalu klk OK. Maka akan tampil daftar SK dan KD pada semester berjalan.

Selanjutnya adalah mengisi jadwal pelaksanaan pada time schedule dengan mengetikan angka 1 (satu) pada matrik tersebut.

3.       Pengembangan Silabus

Silabus pada program Simpel PAS, sudah terbentuk dengan sendirinya jika analisis SKKD sudah dilakukan dengan benar dan lengkap. Untuk menampilkan menu Silabus klik buttonsil pada menu utama.

Setelah tampil menu silabus,langkah selanjutnya melengkapi kolom sumber belajar dan mengisinya.

4.       Pengembangan RPP

Fasilitas ini masih dalam tahap penyelesaian.

E.      Pelaksanaan Pembelajaran

Fasilitas ini digunakan selama proses pembelajaran berlangsung, yaitu daftar hadir peserta didik, daftar nilai harian, nilai UTS dan UAS, jurnal/agenda pembelajaran dan fasilitasi pembuatan  kisi-kisi UH, UTS, UAS pada semester 1 dan semester 2.

1.       Pengisian Daftar Kehadiran Peserta Didik

Daftar hadir merupakan fasilitas pelaksanaan pembelajaran yang mengontrol tingkat aktivitas dalam kehadiran. Untuk membuka menu klik button dh pada menu utama maka akan tampil menu daftar hdr pesertdidik.

Ada dua langkah harus dilakukan untuk menggunakan menu ini dengan benar:

  1. Mengisi tanggal setiap pertemuan yang akan dilaksanakan
  2. Mengisi ketidakhadiran dan kehadiran  peserta didik setiap pertemuan dalam format h, a, s, i, t , b sesuai dengan keterangan yang ada pada menu.
2.       Pengisian Jurnal Pembelajaran
Jurnal kegiatan adalah berisi semua data dan kejadian pada saat pembelajaran berlangsung. Klik button Aguntuk membuka menu agenda atau jurnal pembelajaran.

Untuk menggunakan jurnal kegiatan ini klik Filter Pertemuan centang cek pertemuan ke berapa yang akan ditampilkan. Perhatikan fasilitas warning yang diberikan yang menyatakan jumlah pertemuan yng sudah dilaksanakan.

Untuk mengisi jurnal ini, ada beberapa kolom yang harus diisi dengan benar, yaitu:

a.      Kolom Jam ke ….
Diisi dengan jam tatap muka di kelas, misalnya jam ke 4 – 5

b.      Kolom Hari
Diisi dengan hari pelaksanaan pembelajaran

c.      Kolom Tanggal
Diisi dengan tanggal pelaksanaan pembelajaran

d.      Kolom SK
Diisi dengan nomor SK misal untuk SK 1 cukup diketikan angka 1 pada kolom SK

e.      Kolom KD
Diisi dengan nomor KD misal untuk KD 3.5 cukup diketikan angka 3.5 pada kolom KD

f.      Kolom Tujuan Pembelajaran
Ketikan tujuan pembelajaran yang dilakukan

g.      Kolom Materi
Ketikan materi pembelajaran yang dilakukan

h.      Kolom Kegiatan
Diisi dengan ringkasan singkat kegiatan pembelajaran

i.      Kolom Ketuntasan
Diisi dengan tuntas atau belum mengenai ketuntasan tujuan pembelajaran atau materi yang diajarkan

j.  Kolom Absensi Peserta Didik
Diisi dengan nama peserta didik yang tidak hdir

k.  Kolom Penugasan
Diisi dengan judul penugasan yang diberikan pada pembelajaran

l.  Kolom Catatan Khusus
Diisi dengan catatan khusus, kejadian khusus yang terjadi selama proses pembelajaran.

3.       Pengelolaan Penilaian Hasil Belajar Pesert Didik
Proses penilaian merupakan proses yang sangat penting dan memerlukan pemahaman yang benar. Sebelum dibahas penggunaan program kami paparkan logika sederhana dri proses penilaian berbasis kompetensi dan berbasis kelas.

Penilaian peserta didik dilakukan berdasarkan nilai Ulangan Harian (UH), nilai Ulangan Tengah Semester (UTS), nilai Ulangan Akhir Semester (UAS) untuk semester ganjil dan nilai Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) untuk semester genap.

Gambar di atas  secara singkat menggambarkan proses penilaian yang dilakukan pendidik terhadap keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran.

Nilai raport (LHB) diperoleh dari rata-rata beberapa Nilai Harian, Nilai Tengah Semester dan Nilai Akhir Semester.

Nilai Harian diperoleh dari nilai tes dan non tes, atau dalam bahasa sederhana nilai ulangan dan nilai beberapa tugas/tagihan dengan persentase yang diatur. Misal jika satu mapel memiliki 5 SK maka akan ada 5 nilai harian, dimana satu nilai harian berasal dari nilai ulangan dan nilai tugas. Kemudian dari 5 nilai harian di rata-rata sehingga menjadi Nilai Harian yang akan digabungkan dengan nilai UTS dan UAS. Ketuntasan kompetensi dihitung berdasarkan nilai harian (nilai SK). Jika nilai harian 1 melebihi / mencapai KKM maka SK1 tuntas, jika belum maka diadakan pembelajaran remedial untuk SK 1. Pelaksanaan remedial sebaiknya dilakukan secara kontinue pada proses pembelajaran.

Nilai Tengah Semester diperoleh dari nilai murni Ulangn Tengah Semester

Nilai Akhir Semester diperoleh dari nilai murni Ulangn Akhir Semester

Profil Ketuntasan Kompetensi dibuat berdasarkan ketuntasan SK atau nilai harian. Misalnya ada 4 SK, maka profil yang dibuat SK1, SK2 dan SK4 sudah mencapai KKM tetapi SK3 belum mencapai KKM.

Atau di penilaian SMA kata SK ditulis dengan materi pokok. Misalnya: Kompetensi Dimensi Tiga, Trigonometri sudah mencapai KKM tetapi Logika Matematika belum mencapai KKM.

Uraian di atas merupakan uraian langkah yang dilakukan dalam penilaian dengan menggunakan bantuan Program Simpel TEACH. Penilaian harus dilakukan kontinue dan berproses tidak bisa secara tiba-tiba dan spontan.

Untuk melakukan proses penilaian klik menu Dn sehingga terbuka menu penilaian seperti di bawah ini.

Proses pengelolaan nilai mengikuti langkah berikut:

  1. Tentukan kata kunci penilaian atau deksripsi
  2. Tentukan jumlah SK pada semester berjalan
  3. Tentukan KKM setiap SK
  4. Tentukan SK1, SK2 dst pada kolom rumusan SK
  5. Tentukan persentase nilai harian, persentase nilai UTS dan nilai UAS.
  6. Lakukan Proses Penilaian
  • Nilai Harian diperoleh dari hasil Perhitungan Nilai Harian menggunakan menu di bawah ini. Proses perhitungan nilai harian dilakukan dengan memasukan nilai tugas harian dan nilai ulangan untuk setiap SK. Pada satu SK dimungkin memberikan nilai tugas harian sebanyak 5 kali. Jika setelah dimasukan nilai tugas dan nilai ulangan maka akan muncul nilai harian 1 atau nilai SK1. Jika belum mencapai KKM maka harus dilakukan remedial. Demikian seterusnya setiap satu nilai harian atau satu nilai SK diperlakukan sama, dengan nilai tugas harian, nilai ulangan dan remedial (jika tdk tuntas).
  • Masukan nilai UTS
  • Masukan nilai UAS
  • Nilai Akhir akan dengan sendirinya dihitung oleh program dan profil akan terbentuk sesuai dengan ketuntasan SK atau nilai harian.

Untuk penilaian SMA menu penilaian berbeda dengan penilaian SMP, bergantung kepada aspek penilaian, yaitu kognitif (pengetahuan), psikomotor (praktek) dan afektif (sikap). Semua aspek penilaian harus dilakukan proses perhitungan dan semua berpengaruh terhadap ketuntasan pesert didik. Menu penilaian SMA seperti di bawah ini:

Langkah penilaian di SMA hampir sama dengan SMP ditambahkan dengan jumlah praktek jika menggunakan aspek praktek (psikomotor) dan ditambahkan KKM sikap dalam format (A,B,C,D  atau T,S,R)

Jika menggunakan tiga aspek penilaian maka akan tiga nilai, yaitu nilai pengetahuan, nilai praktek dan nilai sikap. Semua nilai diproses mulai dari nilai tugas harian atau praktek harian dan nilai sikap sesuai dengan indikator yang ditentukan.

Perhitungan nilai harian pengetahuan dan nilai harian praktek proses perhitungannya sama dengan proses perhitungan nilai harin di SMP. Dimulai dari nilai tugas harian digabungkan dengan nilai ulangan maka akan menjadi nilai harian atau nilai SK atau nilai pokok bahasan.

Sedangkan untuk perhitungan nilai sikap, klik button Perhitungan Nilai Sikap untuk membuka menu penilaian sikap.

Penilaian sikap dimungkinkan menggunakan 10 indikator sikap yang ditentukan di bagian bawah format penilaian. Proses Penilaian Sikap hanya memasukan point penilaian sikap dalam format A,B,C, atau D makan dengan sendiri program akan menghitung dan merata-rata nilai sikap serta memberikan profil ketuntasan sikap. Ketuntasan sikap akan berpengaruh pada ketuntasan mata pelajaran. Artinya jika Pengetahuan tuntas, Praktek tuntas tetapi Sikap tidak tuntas mak ketuntasan mata pelajaran tidak tuntas.

Profil Ketuntasan di SMA agak berbeda dengan di SMA terutama untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.

4.       Pembuatan Kisi-kisi Soal Ulangan Harian, UTS dan UAS

Fasilitasi pembuatan kisi-kisi membantu pendidik dalam membuat kisi-kisis soal ulangan dengan mudah dan cepat. Klik button kss untuk membuka menu daftar kisi-kisi sehingga akan terbuka seperti di bawah.

Kemudian klik salah satu button, misal button Ulangan Harian 1 digunakan untuk membuat kisi-kisi ulangn harian 1, maka akan tampil menu berikut.

Menu ini sudah menampilkan SK, KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi secara lengkap. Untuk membuat kisi-kisi  anda hanya tinggal mengetikan indikator soal berdasarkan indikator pencapaian kompetensi yang ada, menentukan jenis tes dan nomor soal. Selesa sudah.

Selesai, jika berminat silahkan Klik Disini


2 Comments

  1. Arry Syakir Gifari says:

    salam pak Khotib. saya dari Islamic Village kemarin..
    terimakasih sudah membentuk para guru untuk mempermudah adiministrasinya sekaligus mengenal lebih dalam bagaimana sebenarnya mereka kembali memfokuskan tugasnya seperti membuat indikator, KKM, dll tanpa sadar ketik mereka mengisi simpel teach ini. menyelam sambil minum jus, pada akhirnya!

    • emka says:

      Salam kembali buat Pak Ary, selamat berkreasi dengan inovasi … kembangkan terus pendidikan dan pembelajaran anak bangsa. dengan indah dan gembira.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: